0
Pada artikel kami yang lalu : Potensi Industri di Kabupaten Mempawah dan Potensi Kabupaten Mempawah maka kali akan kami informasikan kepada Anda tentang potensi lain yang dapat dikembangkan di Kabupaten Mempawah.

Perikanan dan Kelautan di Kabupaten Mempawah

Pengelolaan potensi perikanan dan kelautan di Kabupaten Mempawah cukup besar dan mempunyai prospek yang menjanjikan. Hanya saja belum dikelola dengan optimal. Pada saat ini pengolahan perikanan baik perikanan darat, sungai dan laut banyak dikelola secara personal dan menggunakan tehnis tradisional.

Budidaya perikanan di Wilayah Kabupaten Mempawah Propinsi Kalimantan Barat meliputi :

Budidaya Perikanan Air Tawar.
Dengan luas wilayah lebih kurang 51,60 Ha dan potensi yang dapat dikembangkan hingga hingga 138,50 Ha meliputi komoditas unggulan diantaranya : Udang Vanamae, Ikan Kerapuk, Ikan Nila, Ikan Mas, Ikan Lele yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Mempawah.

Budidaya Ikan Air Payau
Luas lahan diperkirakan 51,50 Ha dengan potensi yang dapat dikembangkan hingga 902 Ha dengan komoditi Udang Windu dan jenis udang lainnya. Jenis budidaya ikan air payau ini meliputi wilayah Kecamatan Sungai Kunyit, Kecamatan Mempawah Hilir, Kecamatan Mempawah Timur, Kecamatan Sungai Pinyuh dan Kecamatan Siantan. Budidaya Perikanan Air Payau ini umumnya diusahakan dalam bentuk tambak.

Perikanan dan Kelautan di Kabupaten Mempawah

Budidaya Perikanan Laut
Secara komoditi diusahakan di Pulau Temajo Kecamatan Sungai Kunyit dengan luas lahan 0,05 Ha dan dapat dikembangkan hingga 10 Ha yang terdiri dari jenis Ikan Kakap Putih, Ikan Karapuk, rumput laut dan jenis komoditas lainnya.

Post a Comment

 
Top