0
Agar terjalin suatu jaringan perdagangan dan hubungan kerjasama industrial, DPN Apindo telah melaksanakan suatu kerjasama internasional dengan beberapa negara (melalui kedutaan besar asing di Jakarta ) dan lembaga/organisasi internasional lainnya seperti kerjasama dalam pelaksanaan the Asia HR Summit dengan the Asia Business Forum, berpartisipasi dalam kegiatan the Friederich-Ebert-Stiftung, pertisipasi program KOILAF (Korea), studi banding yang merupakan program Menakertrans ke Malaysia dan masih beberapa jenis kerjasama internasional lainnya.
Apindo sebagai anggota Konfederasi Pengusaha ASEAN (ACE) turut berperan dalam konferensi Ketiga Regional Tripartite Social Dialogue pada bulan Nopember 2011 yang lalu yang diselenggarakan oleh the Friederich-Ebert-Stiftung (FES) bersama-sama dengan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) Republik Indonesia, Konfederasi Pengusaha ASEAN (ACE) serta the ASEAN Services Employees Trade Union Council (ACETUC), yang terdiri dari 3 Uni Federasi Global (BWI, PSI dan UNI APRO). Dalam pertemuan ini DPN APINDO menyampaikan harapan agar peningkatan Dialog Sosial Tripartit di negara-negara ASEAN  dapat memberikan kontribusi positif dalam mewujudkan integrasi ekonomi di kawasan ASEAN (The ASEAN Economic Community 2015).
Kerjasama Internasional DPN Apindo
Konferensi ini memfokuskan pada :
Tindak lanjut pada prioritas utama strategis program kerja ‘2010-2015’ Menteri Tenaga Kerja ASEAN dan isu-isu  pada kepentingan umum untuk meningkatkan Dialog Sosial Tripartit di tingkat nasional maupun regional negera-negara ASEAN.
Menyuarakan peran dan tanggung jawab mitra sosial Tripartit melalui inisiatif bersama untuk membangun proses Dialog Sosial Tripartit sektoral.
Meningkatkan solidaritas dan kerjasama mitra sosial untuk membangun kepedulian dan saling berbagi antar komunitas ASEAN.
Tentang kerjasama internasional ini, Anda juga melihat posting kami yang lalu diantaranya :
Kerja Sama Indonesia-Uni Eropa : Sektor yang dapat dikembangkan

Post a Comment

 
Top