3
Dalam hubungan perdagangan ASEAN ( AFTA - AEC ) tentunya ada hal-hal yang harus dipahami baik bagi pelaku langsung maupun tidak langsung. Bagi masyarakat juga harus dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi globalisasi perdagangan.

Berikut ini kami sampaikan  5 Komponen Dasar Mutual Recognition Arrangement (MRA) yang dapat dijadikan pedoman dan arahan dalam pemahaman perdagangan bebas ASEAN tersebut. Perbedaan sistem serta budaya dari masing-masing negara tentunya juga dapat menyebabkan menimbulkan hambatan bagi kelancaran hubungan perdagangan tersebut.

Tujuan:
Menciptakan prosedur dan mekanisme akreditasi untuk mencapai kesamaan/kesetaraan serta mengakui perbedaan antar negara dalam hal pendidikan dan latihan, pengalaman, serta persyaratan lisensi untuk praktek profesi.

Secara umum ada 5 komponen dasar yang tertuang dalam MRA yaitu:
  1. Definisi dijelaskan pengertian mengenai praktisi profesional pada suatu sub-sektor jasa tertentu.
  2. Ketentuan Pengakuan: terdapat 6 kriteria yang disediakan dalam kerangka MRA yaitu pendidikan, ujian, registrasi dan pemberian lisensi, pengalaman pendidikan profesional lanjutan dan kode etik (professional conduct).
  3. Mekanisme Pengakuan: otoritas regulator profesional, sebagai mekanisme pengakuan mengacu pada badan yang diberikan wewenang.
  4. Ketentuan penyelesaian sengketa.
  5. Capacity building. 
5 Komponen Dasar Mutual Recognition Arrangement (MRA) dalam AFTA 2015

Kesepatakan dan kesepahaman tetang Mutual Recognition Arrangement (MRA) dilakukan dalam beberapa kali pertemuan di masing-masing negara seperti tergambar pada tabel di bawah ini.

No
MRA
Tempat dan Penandatanganan
1
MRA on Engineering Services
Kuala Lumpur, 9 Desember 2005
2
MRA on Nursing Services
Cebu, Filipina, 8 Desember 2006
3
MRA on Architectural Services
Singapura, 19 November 2007
4
Framework Arrangement for Mutual Recognition on Surveying Qualification
Hanoi, Vietnam, 9 Januari 2009
5
MRA on Tourism Professional
Hanoi, Vietnam, 9 Januari 2009
6
MRA on Accountancy Services
Cha-am, Thailand, 26 Februari 2009
7
MRA on Medical Practitioners
Cha-am, Thailand, 26 Februari 2009
8
MRA on Dental Practitioners
Cha-am, Thailand, 26 Februari 2009
Dari data tabel tersebut diatas, kelihatan bahwa untuk rencana perdagangan bebas ASEAN ini sudah disiapkan sejak lama dan membutuhkan pikiran-pikiran matang sehingga dapat diselenggarakan dengan baik.
Secara teori, tentunya tidak banyak persoalan, tetapi dalam mengimplementasikan dengan keragaman latar akan memerlukan energi secara khusus.

Post a Comment

 
Top