0
Sebagai salah satu daerah kabupetan yang tertua di wilayah Kalimantan Barat, Kabupaten Mempawah mempunyai keanekaragaman daya tarik wisata karena mempunyai aneka budaya yang menjadi adat kebiasaan masyarakat.

Dari salah satu aset wisata yang saat juga menjadi booming di seluruh Indonesia adalah batu permata atau batu cincin. Batu permata adalah batu mineral yang terbentuk dari hasil proses alam atau geologi yang unsur-unsurnya terdiri dari beberapa komponen kimia dan dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga batu ini mempunya keistimewaan tersendiri. Dan oleh karena itu, batu permata ini banyak diburu oleh kolektor sehingga mempunyai harga jual yang cukup tinggi.

Pameran Batu Permata 2015 di Mempawah


Pameran Batu Permata 2015 di Mempawah
Bongkahan batu permata yang belum diolah

Tidak semua tempat di dunia ini dapat menghasilkan batu permata. Di Indonesia sendiri hanya beberapa tempat yang terdapat kandungan batu permata diantaranya adalah Propinsi Banten dengan Kalimaya-nya. Lampung dengan batu permata jenis anggur serta cempaka yang cukup menawan. Di Pulau Kalimantan dengan batu Kecubungnya ( amethys) dan juga Intan (berlian). Batu permata mempunya banyak nama yang diklasifikasikan menurut kekerasannya yang dikenal dengan Skala Mohs dengan skala 1 sampai dengan 10.
Jenis batu permata yang mengandung unsur kristal merupakan jenis batu permata yang paling diminati di seluruh dunia seperti Berlian, Zambrud, Ruby dan Safir. Juga jenis batu akik dan Kecubung.
Batu permata ini mempunyai nilai khusus dimata kolektor baik sebagai bagian dari gaya hidup (life style) maupun sebagai ajang bisnis. Bahkan juga dapat dihubungkan dengan nilai-nilai magis.
Untuk membuat batu permata ini diperlukan keahlian khusus, mulai dari perburuan bongkahan batu permata hingga melakukan modifikasi sehingga menjadi bentuk tertentu yang siap dipasang pada batang cincin, kalung dan lain sebagainya.

Perkembangan industri di Kabupaten Mempawah dapat Anda lihat pada :
Tidak banyak orang mempunyai keterampilan dalam mengolah batu-batuan menjadi batu permata, oleh karena itu dipandang perlu untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang terampil dalam pengolahan batu permata. Dan untuk daerah Kabupaten Mempawah akan melaksanakan suatu event berbentuk Pameran Batu Permata dengan tajuk “ Pameran Batu Permata 2015” yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 Pebruari 2015 sampai dengan 03 Maret 2015.
Tujuan dari Pameran Batu Permata 2015 di Mempawah ini adalah :
  • Agar pasar tradisional “Sebukit Rama” di Mempawah dikenal oleh masyarakat Kalimantan Barat.
  • Menciptakan pasar batu mulia yang sampai dengan saat ini belum ada di Kalimantan Barat
  • Menciptakan Enterp[renurship dan pengrajin Batu Permata
  • Terciptanya Central pasar Batu Permata menjadi salah satu sentra atau pusat transaksi batu permata di Kalimantan Barat.
Thema yang diusung adalah “Mempawah GemStone EXPO 2015”.

Penyelenggara Pameran ini adalah :

Chip Excecutive Projector
:
SATU PERIOK MEMPAWAH
Project Director
:
H. Dudung Agus Soeharto, S.Sos
Project Vice Director
:
Mas Moch. Ridho, SE
Project Secretary
:
Rully Kurniadi, Amd. Kep
Admin
:
Tri Surya Putra dan Roni Uska
Finance Officer
:
Windri Ayu Prianti
Finance Collector
:
Rino
Project Manager
:
Yoso Miharjo ( Gatot Plastick )
Publication and Promotion
:
Yudi Kurniawan
Area Coordinator
:
Dewo Dirgantara Febriyanda dan Bambang Setiawan
Documentation
:
Uray Ananda Oktaviandi
Transfortation
:
Rio Primadinata
Security and Safety
:
Hamidi Ms

Semoga Info ini dapat berguna bagi Anda

Post a Comment

 
Top