0
Sebagai daerah yang baru saja berganti nama dari Kabupaten Pontianak menjadi Kabupaten Mempawah, saat ini gairah pembangunan semakin meningkat. Beberapa investor sudah tertarik untuk menanamkan modalnya untuk membangun pabrik pengolahan suatu produk.


Diantaranya akan dibangun pabrik pengolahan bauksit yang beroperasi di Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah. Pabrik ini akan mengolah bauksit menjadi alumina dan diperkirakan dapat menyerap tenaga kerja lokal yang cukup banyak dan diperkirakan sekitar 2.000 tenaga kerja. Perusahaan akan memberikan pelatihan sebelum mempekerjakan tenaga kerja tersebut. Dan dengan beroperasinya pabrik ini kelak, tentunya akan dapat memberikan keuntungan bagi pemerintah daerah serta dapat menyerap tenaga kerja yang banyak sehingga akan dapat menggairahkan perekonomian daerah.

Perkembangan Industri di Kab Mempawah
Sumber gambar : http://id.wikipedia.org/wiki/Bauksit

Selama proses pengolahan baik teknis, alam dan interaksi sosial tidak menimbulkan gejolak diharapkan akan berdampak positif bagi perkembangan pembangunan daerah.

Tentang Potensi Industri di Kabupaten Mempawah sudah pernah kami posting pada
  .
Setiap pelaksanaan pembangunan tentunya ada hal-hal yang dapat menimbulkan pendapat-pendapat yang saling silang. Dan selama perusahaan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mempertimbangkan budaya lokal dalam membangun usahanya hal-hal yang mungkin menimbulkan gejolak akan dapat diminimalkan.

Kandungan Bauksit di Kabupaten Mempawah terdapat di beberapa Kecamatan di Wilayah Kabupaten Mempawah. Informasi tentang itu dapat dilihat pada :

Selain pabrik pengolahan bauksit tersebut, juga akan dibangun pabrik pengemasan udang beku di Kuala Mempawah yaitu pada Pangkalan Pendaratan Ikan ( PPI ). Jika sudah beroperasi diperkirakan akan dapat menyerap tenaga kerja kurang lebih hingga 1.000 tenaga kerja.
Pabrik pengolahan udang beku ini dilengkapi dengan sarana Cool Storage dengan kapasitas yang cukup besar.

Perkembangan Industri di Kab Mempawah

Dengan demikian maka salah satu solusi dalam penyerapan tenaga kerja dapat diatasi dengan beroperasinya kedua perusahaan ini.

  

Post a Comment

 
Top