0
Persiapan menyongsong AFTA atau AEC 2015 tentunya Indonesia tidak tinggal diam. Pemerintah Pusat maupun daerah telah melakukan hal-hal yang penting untuk menyikapi era perdagangan bebas tersebut. Para pelaku ekonomi, industri barang dan jasa akan berkiprah dengan peluang ini. Daya saing dan peningkatan kemampuan akan menjadi faktor utama sebelum hasil industri dan home industri dapat dipasarkan dengan menawarkan keunggulan-keunggalan.

Berikut ini beberapa jenis produk yang dapat dijual atau diekspor kebeberapa negara ASEAN diantaranya adalah :

JENIS PRODUK
NEGARA TUJUAN EKSPOR
Tekstil dan produk tekstil
Elektronik
Karet
Produk hutan
Alas kaki
Otomotif
Udang
Coklat
Malaysia, Thailand, dan Vietnam
Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam
Singapura
Malaysia, Vietnam, Singapura, Thailand
Singapura
Thailand, Filiipina, Malaysia, Singapura, dan Myanmar
Vietnam, Singapura, dan Malaysia
Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand

Seperti gambaran pada tabel diatas masih sedikit jenis produk yang diunggulkan tersebut. Tentunya pelaku industri dan pelaku bisnis berskala besar akan menjadikan era perdagangan bebas ASEAN ini sebagai tantangan untuk meningkatkan kualitas suatu produk.

Produk Unggulan Indonesia Menyongsong AFTA; Perdagangan bebas barang dan jasa ASEAN menuju ASEAN Economic Community 2015 atau ASEAN Free Trade Area ( AFTA)
sumber gambar : http://mobilmurahtoyota.com
Beberapa produk yang potensial untuk di ekspor diantaranya adalah bahan dasar kulit, rempah-rempah juga hasil kerajinan. Baca :
Masih banyak jenis-jenis produk-produk yang dapat diangkat untuk dijadikan produk unggulan baik dari sektor industri maupun hasil pertanian, perkebunan, perikanan laut maupun darat. Juga hasil produksi dari masyarakat ( home industri ).
Untuk ini sangat dibutuhkan peranana pemerintah untuk memberikan pembinaan dan bimbingan yang intensif agar banyak produk dari berbagai sektor yang dapat dijadikan sumber devisa bagi negara.


Post a Comment

 
Top