0
Untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan pengrajin batu permata maka Pemerintah Kabupaten Mempawah saat ini sedang melaksanakan pelatihan batu cincin yang bertempat di Wisma Candramidi Mempawah. Pelaksanaan pelatihan ini mulai tanggal 23 Maret dan akan berakhir pada hari Kamis tanggal 26 Maret 2015 dan dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM, Pertambangan dan Energi ( Disperindagkoptamben ) Kabupaten Mempawah.
Pada pelatihan ini terlihat bahwa minat generasi muda cukup tinggi, sehingga peserta pelatihan didominasi oleh generasi muda.
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM, Pertambangan dan Energi Kabupaten Mempawah H. Darwin SE, MM mengatakan :
" digelarnya pelatihan industri pengolahan batu permata ini tidak terlepas dari tren yang melanda Indonesia sejak beberapa waktu terakhir. Keberadaan batu mulia atau permata, mulai akik, kecubung, rubi, safir, zamrud dan lain sebagainya menjadi peluang usaha baru dan menjanjikan bagi masyarakat. Potensi ini yang kita coba kembangkan di Mempawah. "
Pelatihan pengolahan industri batu permata ini sebagai tindak lanjut dari pameran batu permata yang pernah dilaksanakan di Kota Mempawah beberapa waktu yang lalu dengan mengusung tema GameStone Expo dan lihat juga suasana pameran batu permata di Mempawah.
Pelatihan Pengrajin Batu Permata di Mempawah
suasana pelatihan pengrajin batu permata di Mempawah

Dengan meningkatnya keterampilan pengolahan batu permata tentunya akan tumbuh pengrajin-pengrajin batu permata yang handal sehingga akan muncul usaha-usaha jasa pengolahan batu permata dengan mutu yang baik dan juga mempunyai nilai seni yang tinggi.
Saat ini sudah ada beberapa pengrajin rumahan yang mengolah bongkahan batu menjadi batu cincin. Sehingga pelatihan ini sangat mendukung untuk meningkatkan kualitas bagi pengrajin batu cincin tersebut.
Pelatihan Pengrajin Batu Permata di Mempawah
pengenalan jenis2 batu permata pada pelatihan batu permata

Materi pelatihan ini meliputi :
  • pengenalan proses geologi pembentukan batu mulia;
  • jenis-jenis batu mulia; 
  • pengenalan alat pengolahan batuan mulia;
  • tahapan pengerjaan pengolahan batu mulia ( praktek );
suasana praktek pada pelatihan batu permata

Sejak booming batu permata ini di seluruh wilayah Indonesia, batu mulia menjadi topik pembicaraan masyarakat setiap saat jika ada kesempatan untuk mengulas hobby batu cincin ini.

Post a Comment

 
Top